Selasa, 10 Maret 2015

Misteri Angka 40 dalam Proses Kejadian Manusia

Dalam perjalanan hidup manusia pada dasarnya terdapat sebuat kemu`jizatan yang tak dapat di singkap oleh sebagian orang. hanaylah orang-orang tertentulah yang dapat memahami kejadian tersebut (peroses kejadian manusia).
dalam hadits disebutkan:

 عن أبي عبدالرحمن عبدالله بن مسعود رضي الله عنه قال حدثنا رسول الله صلى الله عليه وسلم وهو الصادق المصدوق " إن أحدكم يجمع خلقه في بطن أمه أربعين يوما نطفة ثم علقه مثل ذلك ثم يكون مضغة مثل ذلك , ثم يرسل إليه الملك فينفخ فيه الروح , ويؤمر بأربع كلمات : بكتب رزقه , وأجله , وعمله , وشقي أم سعيد

Dari Abu 'Abdirrahman Abdullah bin Mas'ud radhiallahu 'anh, dia berkata : bahwa Rasulullah telah bersabda, "Sesungguhnya tiap-tiap kalian dikumpulkan penciptaannya dalam rahim ibunya selama 40 hari berupa nutfah, kemudian menjadi 'Alaqoh (segumpal darah) selama itu juga lalu menjadi Mudhghoh (segumpal daging) selama itu juga, kemudian diutuslah Malaikat untuk meniupkan ruh kepadanya lalu diperintahkan untuk menuliskan 4 kata : Rizki, Ajal, Amal dan Celaka/bahagianya. (HR. Bukhari. Muslim)
Dalam hadits ini jika kita perhatikan kita akan mendapatkan beberapa angka yang menitik beratkan pada angka 4: seperti angka 40 (jumlah hari pada setiap tangga perubahan), 3 (peroses tangga perubahan), 4 ( jumlah takdir yang ditetapkan oleh Allah).  Pada angka 3 ini sebenarnya terdapat angka 4 yang tersembunyi, jika kita perhatika anka 4 itu akan kita temukan pada setiap perubahan, seperti pada saat perubahan dari mani menjadi darah. Sebelum berubah menjadi darah mani lelap dalam rahim sang ibu selama 40 hari lamanya, kemuadian berubah menjadi darah yang berdiam tenang selama 40 hari dan kemudian berubah menjadi daging selama 40 dalam kesunyian. Dari angka 40 (proses tangga perubahan) ini jika kita tambahkan, dan kemudian kita bagikan padan jumlah bulan, maka hasilnya adalah 30 dalam hitungan 4 bulan secara sempurna. Allah mengutus malaikat jibril untuk meniupkan ruh kepada manusia tepat pada angka 4 yaitu pada saat kehamilan sampai pada 4 bulan lamanya. Selain meniupkan ruh malaikat jibril juga mencatatkan takdir, dimana jumlah takdir itu juga berangka 4 yaitu Rizki, Ajal, Amal dan Kesediahan atau Kebahagiaan.
Angka 4 atau angka 40 yang terdapat dalam peruses kejadian manusia ini ternyata bukanlah sebatas angka-angka kosong yang tiada arti. Akan tetapi angka itu mempunyai makna yang sangat memuaskan dan mengadung banyak manfaat bagi orang-orang yang mau berpikir. Makna tersurat dari Angka 40 dalam kejadian manusia ini dapat kita temukan dalam realitas kehidupan. Angka 40 berada pada masa diutunya Nabi. Rasulullah diutus pada saat Beliau berumur 40 tahun. Angka 40 juga menunjukkan akan kedewasaan seseorang. Dimana pada saat seseorang mencapai umur 40, maka mereka akan mengalami kedewasaan yang cukup matang.
Jadi adanya angka 40 dalam dalam peroses kejadian manusia itu bukanlah semata-mata angka yang tiada arti. Ini adalah segelintir analogi yang dapat saya berikan, dan tidak menutup kemungkinan bagi kalin semua untuk mengungkapkan misteri-misteri yang terdapat dalam angka 40 yang di isyaratkan dalam peroses kejadian manusia.
 

Tidak ada komentar: