Selasa, 10 Maret 2015

PENGERTIAN KATA MAU DAN INGIN



                Temanku bertanya "bang, apa bedanya MAU dan INGIN"..?
                Mungkin bagi teman-teman, kata ini adalah hal yang sepele untuk dicerna, namun bagi orang2 yang sadar akan sebuah makna kehidupan merekan beraya menyusuri lautan untuk menyelami makna dari kedua kata ini. Dalam kehidupan kita sering mengeluaran kata-kata ini setiap hari, pada pagi hari, siang hari, bahkan sore hingga malam haripun tidak luput kita keluarkan kata-kata ini. Pertanyaanya, sudah  pas-kah kita menggunakan kedua kata tersebut..?
Pas tidaknya kita menggunakan kata-kata pada prinsipnya bisa kita lihat dari pengertian kata tersebut. Bagaimana pengertian dan tata cara penggunaanya dalam sebuah kalimat, namun tidak sedikit orang tahu tentang fungsi dan kegunaan dari sebuah kata-kata, sehingga banyak temen-temen yang salah kaprah dalam penggunaan tata bahasa, oleh karena itu saya ingin menyumbangkan sebuah pemikiran saya, setidaknya sumbangsih pemikiran ini dapat membantu teman-teman untuk sadar berbahasa dengan benar.
Kata mau kalau kita lihat dalam KBBI mempunyai arti:
mau 1 adv sungguh-sungguh suka hendak; suka akan; sudi: ia -- datang kalau dijemput; 2 adv akan; hendak: ibu -- ke pasar; 3 n kehendak; maksud: apa -- mu datang ke sini?; -- nya begini;
Sedangkan kata ingin dalam KBBI mempunyai arti:
ingin adv hendak; mau; berhasrat: dia -- mencoba apakah telur merpati juga enak dimakan;
                Nah dari pengertian diatas dapat kita simpulakan, apa perbedaan dari kata MAU dan INGIN, dan kapan kita dapat menggunakannya, dalam situasi bagaimana kita pantas mengucapkannya.
                Dari arti MAU dan INGIN, mungkin kalo dilihat dengan sekilas tidak ada bedanya, tapi coba kita bandingkan antara contoh dari kata MAU  (apa kamu [mau] datang ke sini?), dan  contoh dari kata INGIN (dia [ingin] mencoba apakah telur merpati juga enak dimakan;). Contoh pertama berbentuk sebuah pertanyaan, sedangkan contoh yang kedua berbentuk sebuah penyataan.
                Sudah tahukan apa bedanya antara MAU dan INGIN menurut KBBI. Adakah pengertian lain selain dari KBBI,..? ada lagini….!
                Kalu dalam ilmu ekonomi mengenai kata mau dan ingin dapat kita lihat dalam teori konsumsi, disana secara bersamaan disebutkan, “seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu: pendapatan, kemauan dan keinginan”.
                Yang dimaksud dengan kemauan disini ialah: adanya hasrat untuk memenuhi kebutuhan hidup, namun tidak didukung dengan kemampuan finansial (hanya dapat berencana saja / NATO). Sedangkan yang dimaksud keinginan dalam memenuhi kebutuhan hidup ialah: seseorang dapat memiliki kemampuan untuk merencanakan untuk mendapatkan sesuatu yang merek inginkan dan diiringi dengan kemampuan untuk membeli.
                Semoga dari dua pengertian yang berbeda dalam memahami arti kata MAU dan INGIN ini, anda dapat berbahasa dengan baik….

Tidak ada komentar: