Jumat, 24 Maret 2017

Cara Memberi Harkat Fathah Berdiri



Alhamdulillah pada kesempatan yang telah lalu artikel Cara Mengetik Bahasa Arab dan Cara Memberi Harakat yang telah saya sajikan beberapa tahun yang lalu banyak yang membaca dan banyak pula saran dan pertanyaan tentang bagaimana meberi harakat fathah berdiri, tentunya saudara-saudaraku kebingungan dalam hal ini namun saya berharap tulisan saya Cara Mengetik Bahasa Arab dan Cara Memberi Harakat dapat saya sempurnakan dengan tulisan yang pendek ini dan dapat memberikan manfaat bagi antum semua.


Dalam memberikan harakat fathah berdiri ada dua cara yang bisa kita pilih. Sebelum anda melakukan langkah-langkah dibawah ini, terlebih dahulu anda harus merubah Font anda menjadi Arabic Typesetting atau jenis font arab lainnya. karena jika tidak dirubah terlebih dahulu langkah-langkah ini tidak akan diketahui berhasil tidaknya.
CARA PERTAMA,
1.     Posisikan kursor Anda pada huruf Arab yang akan diberi harakat “fathah berdiri”.
2.     Buka menu  INSERT pada Ms Word. Kemudian pilih Insert > Symbol dan pilih More Symbols maka akan tampil jendela yang berisi berbagai macam symbol.
3.     Kemudian carilah symbol ( ٰ ) pada jendela tampilan menu Symbols.
4.     Kemudian klik insert > close.
5.     Anda bisa melihat hasilnya.

CARA KEDUA,

Cara yang kedua ini lebih praktis dari cara yang pertama.
1.     Lakukan langkah seperti cara pertama nomor 1 sampai nomor 2,  kemudian pada jendela symbols pilih menu Short Key.

2.     Kemudian masukkan kombinasi kode padaPress New Shortcut Key”. Contoh: Alt+Shift+A. dll. (Jangan Memakai Kode Yang Telah Dipakai Seperti Shift+Q (Harkat Fathah) dll. , karena bisa mengganggu system).
3.     Setelah anda memasukkan kombinasi kode pada “ Press new shortcut key”  klik menu Assign > Close.
4.     Anda dapat melihat hasilnya.
5.     Untuk selanjutnya anda cukup memakai kombinasi kode yang telah anda pasang pada cara kedua nomor 2.

Selamat Mencoba, Barokallahulana Walakum, Amin..


1 komentar:

Sang Pengoceh mengatakan...

bermanfaat sekali...