بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
A. Pengertian dan Hukum Tajwid
Tajwid adalah suatu tata cara yang harus digunakan oleh
para pembaca al-Quran ketika mereka membaca ayat-ayat suci al-Quran.
Secara etimologi, tajwid berarti:
perbaikan, penyempurnaan, pemantapan
Secara termenologi tajwid adalah : ilmu yang mempelajari tentang tata cara membaca al-Quran
dengan benar dan baik, seperti: hukum bacaan, sifat al-huruf, makhariju
al-huruf.
Adapun tujuan dari ilmu tajwid adalah demi terciptanya
kesepadanan bacaan dengan bacaan yang disampaikan pertama kali oleh pembawa
al-Quran itu sendiri (Muhammad SAW) kepada para sahabat-sahabat beliau. Oleh
karena itu hokum mempelajari ilmu tajwid adalah fardu kifayah sedangkan
hukum memperaktekkan ilmu tajwid adalah fardu `ain.
Berikut adalah beberapa dalil yang menganjurkan membaca
al-Quran dengan menggunakan ilmu tajwid:
وَرَتِّلِ الْقُرْأَنَ تَرْتِيْلاَ
(الاية)
حَصِّنُوْ اْلقُرْأَنْ بِأَصْوَاتِكُمْ
(الحدث)
مَنْ لَمْ يَتَغَنَّ بِلْقُرْأَنْ فَلَيْسَ
مِنَّا (رواه الحاكيم)
مَنْ لَمْ يَقْرَءِ اْلقُرْأَنَ بِغَيْرِ
تَجْوِيْدٍ فَهُوَ فَاسِقٌ (الحدث)
B.
Tata Cara
Membaca Ta`awudz dan Basmalah
Membaca ta`awudz dan basmalah salah satu bagian dari adabu qiraatu
al-Quran, dengan mengharapkan pertolongan beserta ridaNya dari godaan
syetan-syetan yang terkutuk. Sedangkan tata cara membaca ta`awudz dan basmalah
pada saat ingin membaca ayat suci al-Quran dilakukan dengan empat cara :
1.
Qath`u
al-jami`
Ialah
membaca ta`awuzd dan basmalah secara terpisah tanpa menyambung antara keduanya.
2.
Washa
al-jami`
Ialah
membaca ta`awuzd dan basmalah dengan cara bersamaan (setelah ta`awuzd
dilangsungkan pada basmalah) tanpa harus berhenti terlebih dahulu.
3.
Qath`u
baina huma, wawashala bi al-surah
Ialah
membaca ta`awuzd terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan membaca basmalah yang
disambung dengan surah.
4.
Washlu
baina huma, waqatha`a bi al-surah
5.
Ialah
membaca ta`awuzd dan basmalah dengan cara bersamaan (setelah ta`awuzd
dilangsungkan pada basmalah) tanpa harus berhenti terlebih dahulu, kemudian
dilanjutkan dengan membaca surah.
C.
Hukum
Bacaan Nun Mati dan Tanwin
Hukum bacaan nun mati dan tanwin dibagi menjadi empat :
1.
Izhhar
Izhhar secara etimologi berasal dari kata ظَهَرَ يَظْهَرُ yang berarti terang.
Izhhar secara termenologi adalah keluarnya huruf dari makhrajnya tanpa
ghunnah. Berikut huruf-huruf izhhar beserta contohnya :
No
|
Huruf
|
Nun Mati
|
Tanwin
|
1
|
خ
|
مِنْ خَلْفِهِمْ
|
قَوْمٌ خَصِمُوْن
|
2
|
غ
|
مِنْ غِلّ
|
عَذَابٌ غَلِيْظ
|
3
|
ع
|
اَنْ عَمْتَ
|
يَنْعِقُ
|
4
|
ح
|
عَلِيْمٌ حَلِيْم
|
عَلِيْمٌ حَكِيْم
|
5
|
ء
|
مَنْ اَمَنَ
|
رَسُوْلٌ اَمِيْن
|
6
|
ه
|
اَنْهَارَا
|
جُرُفٍ هَاٍر
|
2.
Idgham
Idgham secara
etimologi adalah memasukkan sesuatu atas sesuatu.
Sedangkan
secara termenologi adalah bertemunya huruf mati dan tanwin dengan huruf yang berharkat, kemudian dipadukan menjadi satu
huruf dengan tanda tasydid. Adapun huruf-huruf Idgham terkumpul dalam kalimat يَرْ مِلُوْنَ .
Hukum bacaan
idgham dibagi menjadi dua bagian:
1. Idgham
bighunnah
Idghm
bighunnah adalah bacaan idgham yang disertai ghunnah. Berikut huruf-huruf beserta
contohnya :
No
|
Huruf
|
Nun Mati
|
Tanwin
|
1
|
ي
|
مَنْ يَقُوْلُ
|
لِقَوْمٍ يُؤْمِنُوْنَ
|
2
|
ن
|
مِنْ نُوْرٍ
|
حِطَّةٌ نَغْفِرْ لَكُمْ
|
3
|
م
|
مِنْ مَلْجَئٍ
|
هُدًى مِنْرَبِّهِمْ
|
4
|
و
|
مِنْ وَاْق
|
هُدًى وَرَحْمَة
|
2. Idgham
bilaghunnah
Idgham
bilaghunnah adalah bacaan idgham yang tidak disertai ghunnah. Berikut huruf-huruf Idgham bilaghunnah beserta contohnya :
No
|
Huruf
|
Nun Mati
|
Tanwin
|
1
|
ل
|
مِنْ لَدُ نْهُ
|
هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَ
|
2
|
ر
|
مِنْ رَبِّهِمْ
|
غَفُوْرٌ رَحِيْم
|
Akan tetapi
perlu diketahui oleh para qiraah, ada beberapa kalimat yang harus dibaca idhar
walaupun didalam kalimat tersebut terdapat huruf idgham. Yaitu apabila huruf
ghunnah tersebut berada dalam satu kalimat. Contoh: صِنْوَانٌ dan
قِنْوَانٌ.
3.
Iqlab
Secara etimologi berarti
Sedangkan secara termenologi berarti bergantinya bacaan nun mati dan
tanwin ketika bertemu huruf Ba` dengan huruf Mim dengan disertai
ghunnah. Berikut huruf iqlab beserta contohnya :
No
|
Huruf
|
Nun Mati
|
Tanwin
|
1
|
ب
|
مِنْ بَعْدِ
|
عَلِيْمٌ بِذَاتِ الصُّدُوْر
|
4.
Ikhfa`
Secara etimologi berarti samar
Sedangkan secara termenologi ialah membaca huruf yang bertemu dengan nun
mati dan tanwin antara idhar dan idgham tanpa tasydid dengan disertai ghunnah
pada awal huruf.
Bacaan ikhfa` dibagi menjadi tiga :
1. Ikhfa` A`la
Ikhfa` A`la ialah
bacaan ikhfa`, yang bacaan ikhfa`nya lebih banyak dari pada ghunnanya. Berikut
huruf beserta contohnya :
No
|
Huruf
|
Nun Mati
|
Tanwin
|
1
|
ت
|
اَنْتَ
|
يَوْمَ ئِدٍ تَمُوْت
|
2
|
د
|
مِنْ دُوْنِ الله
|
مِنْ مَاءٍ دَافِقْ
|
3
|
ط
|
مِنْ طُوْرِ
|
كَلِمَةٍ طَيَّبَةٍ
|
2. Ikhfa` Adna
Ikhfa` Adna ialah
bacaan ikhfa`, yang bacaan ghunnahnya lebih banyak dari pada bacaan ikhfa`nya. Berikut
huruf beserta contohnya :
No
|
Huruf
|
Nun Mati
|
Tanwin
|
1
|
ق
|
مِنْ قَبْلِكْ
|
شَيْئٍ قَدِيْر
|
2
|
ك
|
مِنْ كُمْ
|
يَوْمٍ كَبِيْر
|
3. Ikhfa` Ausyath
Ikhfa` Ausyath ialah
bacaan ikhfa`, dimana antara bacaan ikhfa` dan bacaan ghunnah sama (seimbang). Berikut
huruf beserta contohnya :
No
|
Huruf
|
Nun Mati
|
Tanwin
|
1
|
ص
|
مِنْ صَلْصَالٍ
|
رِجَالٌ صَدَقُوْ
|
2
|
ف
|
مِنْ فَوَاقْ
|
كِتَابٌ فِيْهِ
|
3
|
ذ
|
مَنْ ذَالَّذِيْ
|
يَتِيْمًا ذَامَقْرَبَة
|
4
|
ث
|
مَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِنُ
|
يَوْمَئِدٍ ثَمَنِيَةْ
|
5
|
ج
|
مَنْ جَاءَ
|
عَيْنٌ جَارِيَةْ
|
6
|
ش
|
مِنْ شَيْئٍ
|
غِلاَظٌ شِدَادٌ
|
7
|
س
|
مِنْ سُلاَلَةٍ
|
فَوْجٌ سَئَلَهُمْ
|
8
|
ز
|
مَنْ زَكَّهَا
|
نَفْسًا زَكِيَةً
|
9
|
ض
|
مَنْ ضَلَّ
|
قَوْمًا ضَالِّيْنْ
|
10
|
ظ
|
اُنْظُرُوْ
|
ظَلاًّ ظَلِيْلاَ
|
D.
Hukum Mim
Mati
No
|
Hukum Mim Mati
|
Tanwin
|
1
|
Idgham Mitslain
|
لَكُمْ مَا كَسَبْتُمْ
|
2
|
Ikhfa` Syafawi
|
وَهُمْ بِااْلاَ خِرَةِ
|
3
|
Izhhar Syafawi
|
وَهُمْ فِيْهَا
|
E.
Hukum Mim
dan Nun Tasydid
Hukum bacaan mim dan nun tasydid ialah dibaca ghunnah dengan panjang
bacaan 2 harkat atau 1 alif. Berikut contohnya:
No
|
Hukum Mim dan Nun tasydid
|
Tanwin
|
1
|
مّ
|
مِمَّا, لَمَّا, اَمَّا
|
2
|
نّ
|
اَنَّ, مِنَّا, كُنَّا
|
F.
Hukum
al-Ma`rifah
1. Al-qamarariyah
Al-qamariyah adalah jatuhnya huruf hijaiyah (yang terkumpul dalam
kalimat (“ اَبْغِ حَجَّكَ وَخَفْ عَقِيْمَهْ ”) setelah al-ma`rifah. Berikut contohnya:
No
|
Huruf
Al-qamariyah
|
Contoh
|
No
|
Huruf
Al-qamariyah
|
Contoh
|
1
|
ا
|
اَلْاَ نْعَامٌ
|
8
|
خ
|
اَلْخَمْرُ
|
2
|
ب
|
اَلْبَرُّ
|
9
|
ف
|
اَلْفِتْنَةُ
|
3
|
غ
|
اَلْغلَامُ
|
10
|
ع
|
اَلْعَمَلُ
|
4
|
ح
|
اَلْحَمْدُ
|
11
|
ق
|
اَلْقُرْاَءنُ
|
5
|
ج
|
اَلْجَمِيْلُ
|
12
|
ي
|
اَلْيَوْمَ
|
6
|
ك
|
اَلْكَافِرُوْنَ
|
13
|
م
|
اَلْمَلِكُ
|
7
|
و
|
اَلْوِلْدَانُ
|
14
|
ه
|
اَلْهُدَى
|
2. Al-syamsyiyah
Al-syamsyiyah adalah jatuhnya huruf hijaiyah yang bertasydid yang
terkumpul dalam kalimat
(طِبْ ثُمَّ صِلْ رَحْمًا تَفُزْ
ضِفْ ذَانِعَمْ # دَعْ سُوْءَ ظَنِّ زُرْ شَرِيْفًا لِلْكِرَمْ"”)
setelah al-ma`rifah.
Berikut contohnya:
No
|
Huruf
Al-Syamsyiyah
|
Contoh
|
No
|
Huruf
Al-Syamsyiyah
|
Contoh
|
1
|
ط
|
اَلطَّلاَقُ
|
8
|
ذ
|
اَلذَّارِيَاةُ
|
2
|
ث
|
اَلثَّا بِتُ
|
9
|
ن
|
اَلنَّارُ
|
3
|
ص
|
اَلصَّاخَة
|
10
|
س
|
اَلسَّيِّئَاةُ
|
4
|
ر
|
اَلرَّازِقُوْنَ
|
11
|
ظ
|
اَلظَّالِمُوْنَ
|
5
|
ت
|
التَّائِبُوْنَ
|
12
|
د
|
|
6
|
ز
|
اَلزَّانِيَةُ
|
13
|
ش
|
الَشَّمْشُ
|
7
|
ض
|
وَلاَالضَّالِيْن
|
14
|
ل
|
اَلَّذِيْنَ
|
G.
Hukum
Idgham
Macam-macam idgham
1.
Idgham
Mutamatsilain
Idgham Mutamatsilain ialah bertemunya dua huruf yang sifat dan makhrajnya sama.
Seperti
contoh : اِضْرِبْ بِعَصَاكَ, اِذْذَهَبَتْ,
وَقَدْدَخَلُوْ
2.
Idgham
Mutaqaribain
Idgham Mutaqaribain ialah bertemunya dua huruf yang mana sifat dan
makhrajnya berdekatan.
Seperti
contoh : يَلْهَثْ ذَالِكَ, يَا بَنِيَّ
اِرْكَبْ مَعَنَا, اَلَمْ نَحْلُقْكُمْ
3.
Idgham
Mutajaniasain
Idgham Mutajaniasain ialah bertemunya dua huruf yang sama makhrajnya
tapi beda sifatnya.
Seperti
contoh : لَئِنْ بَسَطْتَ, قَالَتْ طَائِفَةْ,
قُلْ رَبِّ
H.
Qal-qalah
Huruf-huruf
Qal-qalah terkumpul dalam kalimat (قَطْبُ جَدٍ) dan Qal-qalah ada dua:
1.
Qal-qalah
Shura
وَقَدْخَابَ, خَلَقْتَ, يَطْمَعُوْنَ,
يَجْعَلُوْنَ, اِلاَّاِبْلِيْس
2.
Qal-qalah
Kubra (berhenti diahir kalimat atau
berhenti karena waqaf)
بَعِيْدْ, مِنْ بَهِيْجْ, شَدِيْدْ,
عَذَابْ, اَلَّذِيْ خَلَقْ, الصِرَاطْ
I.
Hukum Mad
Pengertian Mad secara etimologi berasal dari kata مَدَّ يَمُدُّ مَدًّا yang berarti panjang atau bertamah.
Secara termenologi Mad adalah membaca huruf suatu bacaan dengan panjang.
Huruf-huruf mad ada tiga yaitu: (و) yang jatuh setelah harkat dlamma,
(ا) jatuh setelah harkat fatha dan (ي) yang jatuh setelah harkat
kasra. Adapun macam-macam mad ada dua :
1.
Mad
Thabi`i
Dikatakan Mad Thabi`i atau mad asli, dikarenakan orang yang membaca
ayat al-quran sehat secara rasio, tidak mengurangi panjang bacaan dan tidak
menambah panjang bacaan. Panjang bacaan Mad Thabi`i ialah 1 alif /
2 harkat, adapun hukum bagi qari` yang membaca kurang dari 1 alif
hukumnya haram syar`i dan apabila lebih dari 1 alif hukumnya makruh. Berikut
contohnya:
No
|
Huruf Mad
|
Contoh
|
1
|
و
|
مُوْسَى, صُوْمُوْ
|
2
|
ا
|
كَانُوْ, مَا لَنَا
|
3
|
ي
|
دِيْنِيْ, جِيْئَ
|
2.
Mad Farqi
3.
Mad farqi adalah mad yang hukum bacaannya lebih panjang dari hukum bacaan mad
thabi`i dikarenakan adanya hamzah atau sukun. Mad farqi dibagi
menjadi tiga belas bagian:
1.
Mad Wajib Muttashil
Mad Wajib
Muttashil ialah jatuhnya hamzah setelah
huruf mad dalam satu kalimat. atau bergabungnya huruf mad dengan hamzah dalam
satu kalimat dengan panjang bacaan 2 / 2.5 alif. Contoh :
جَاءَ, سُوْءَ, شَاءَ, سِيْئَ
2.
Mad Jaiz
Munfashil
Mad Jaiz
Munfashil ialah jatuhnya hamzah setelah
huruf mad dalam dua kalimat dengan panjang bacaan 1 alif fihalati al-hadri,
2 alif fihalati al-tadwir, dan 2.5 alif fi halati
al-tartil. Contoh :
يَااَيُّهَاالنَّاسِ,قُوْااَنْفُسَكُمْ
3.
Mad `arid
Lissukun
Mad `arid
Lissukun ialah berhentinya
bacaan karena waqaf atau berhenti pada ahir kalimat, yang mana sebelum huruf
waqaf terdapat huruf mad, dengan panjang bacaan 1 / 2 / 3 / 3.5 alif,
dan yang paling utama dan sempurna adalah yang 3.5 alif. Contoh :
عَذَابٌ اَلِيْمٌ, خَالِدُوْنَ,
سَمِيْعٌ بَصِيْرْ
4.
Mad Badal
Mad Badal ialah berkumpulnya huruf mad dengan hamzah dalam satu kalimat yang
kemudian dikokohkan pada mad, dengan panjang bacaan 1 alif. Contoh :
اَدَمَ (اَأْدَمَ), اِيْمَانٌ
(اِأْمَانَ)
5.
Mad `iwad
Mad `iwad ialah berhentinya bacaan pada ahir kalimat yang nasab dalam keadaan
tanwin, kemudian diganti mad, dengan panjang bacaan 1 alif. Contoh :
عَلِيْمًاحَكِيْمًا, خَبِيْرًابَصِيْرًا,
غَفُوْرًارَحِيْمًا
6.
Mad Lazim
Kilmi Mutsaqqal
Mad Lazim
Kilmi Mutsaqqal ialah kalimat dimana setelah
huruf mad ada tasydid dalam satu kalimat, dengan panjang bacaan 3 alif. Contoh
:
وَلاَالضَّالِّيْنَ, وَالصَّاخَّةُ,
وَالطَّامَّةُ
7.
Mad Lazim Kilmi
Mukhaffaf
Mad Lazim
Kilmi Mukhaffaf ialah adanya huruf sukun
setelah huruf mad, dengan panjang bacaan 3 alif. Contoh :
اَلْاَنَ, اَلْاَذَّكَرَيْنِ
8.
Mad Lazim Harfi
Mutsaqqal
Mad Lazim
Harfi Mutsaqqal ialah terdapatnya huruf
hijaiyah (سَنَقُصُّ عَمَلُكَ) diawal surah dengan mengidghamkan huruf setelah huruf yang
mati, dengan panjang 3 alif. Contoh :
يس, ن, كهيعص, طس, حم
9.
Mad Lazim
Harfi Mukhaffaf
Mad Lazim
Harfi Mukhaffaf ialah adanya huruf hijaiyah (حَيٌّ طَاهِرٌ) pada awal surah , dengan panjang bacaan 1
alif. Contoh :
حم, يس, طه, الر
10.
Mad Layyin
Mad Layyin ialah jatuhnya huruf wau dan ya` sukun setelah harkat fatha, dengan
panjang bacaan 1 / 2 / 3 alif. Contoh :
بَيْتٌ, خَوْفٌ, مَوْتٌ
11.
Mad Shilah
Mad Shilah ialah bertambahnya huruf mad setlah ha` dhamir. Mad Shilah
dibagi menjadi dua bagian:
1.
Mad Shilah Qashirah ialah jatuhnya ha` dhamir setelah harkat fatha kecuali
dalam surat Furqan(فِيْهِ مُهَانًا) , atau setelah ha` tidak ada hamzah, dengan panjang bacaan 1
alif. Contoh :
اِنَّهُ كَانَ, وَلَهُ مَافِى
السَّمَوَاتِ
2.
Mad Shilah
Thawilah jatuhnya huruf hamza
qatha`i setelah huruf ha`, dengan panjang bacaan 2.5 alif. Contoh :
عِنْدَهُ اِلاَّبِأِذْنِهْ, مِنْ
عِلْمِهِ اِلاَّبِمَاشَاءَ, اِنَّهُ اَضْحَكَ
12.
Mad Farqi
Mad Farqi ialah untuk membedakan anatara istifham (kalimat tanya) dengan khabar
(kalimat berita) dan hamza yang terdapat didalamnya berfungsi sebagai istifham,
dengan panjang bacaan 3 alif. Contoh :
قُلْ اَالذَّكَرَيْنِ (الانعام),
قُلْ اَللهُ اَذِنَ لَكُمْ (يونس), اَللهُ خَيْرًااَمْ مَايُشْرِكُوْن(النمل)
13.
Mad Tamkin
Mad Tamkin ialah bertemunya dua huruf ya`dalam satu kalimat, sedangkan ya`yang
pertama berharkat kasra dan bertasydid, ya` yang kedua sukun. Contoh :
حُيِّيْتُمْ, وَالنَّبِيِّيْنَ
J.
Maca-macam
Waqaf
Waqaf secara etimologi ialah berhenti atau menahan.
Sedangkan secara termenologi ialah menghentikan bacaan
sejenak dengan niat untuk melanjutkan bacaan bukan untuk berhenti.
Macam-macam waqaf ada tiga:
1. Waqaf Idthirariy
Ialah waqaf diamana qari` berhenti pada suatu kalimat karena terpaksa,
yang disebabkan karena batuk bersin dan lain sebagainya.
2. Waqaf Intidlariy
Ialah waqaf diamana qari` berhenti pada suatu kalimat yang perlu adanya
kombinasi bacaan dikarenakan perbedaan riwayat tentang kalimat yang dibaca.
3. Waqaf Ikhtiyariy
Ialah waqaf diamana qari` berhenti pada suatu kalimat dengan disengaja.
Waqaf Ikhtiyariy ini ada tiga macam:
1.
Waqaf Tam
Ialah
waqaf diamana qari` berhenti pada suatu kalimat yang sempurna susunan
kalimatnya, baik dari segi lafal maupun makna.
2.
Waqaf Kafi
Ialah
waqaf diamana qari` berhenti pada suatu kalimat yang sempurna susunan
kalimatnya namun masih ada kaitan makna anatara lafal sebebelumnya dengan lafal
sesudahnya.
3.
Waqaf
Hasan
Ialah
waqaf diamana qari` berhenti pada suatu kalimat yang sempurna susunan
kalimatnya namun masih ada kaitan makna dan lafal antara kalimat sebelum dengan
sesudahnya.
4.
Waqaf
Qabih
Ialah
waqaf diamana qari` berhenti pada suatu kalimat yang tidak sempurna susunan
kalimatnya dan masih berkaitan makna dan lafal sebelumnya dengan sesudahnya.
Berikut
tanda-tanda waqaf yang terdapat dalam al-Quran:
No
|
Tanda Waqaf
|
Keterangan
|
1
|
م
|
Harus
berhenti
|
2
|
لا
|
Tidak boleh
berhenti kecuali diulang
|
3
|
ج
|
Boleh
berhenti atau terus
|
4
|
قلى
|
Boleh
berhenti atau terus. lebih baik berhenti
|
5
|
صلى
|
Boleh
berhenti atau terus. Lebih baik diteruskan
|
6
|
Berhenti
pada salah satu diantara tanda waqaf
|
|
7
|
ط
|
Boleh
terus, dan berhenti lebih baik
|
8
|
ز
|
Boleh
berhenti, dan terus lebih baik
|
9
|
ص
|
Boleh
berhenti, dan terus lebih baik
|
10
|
ق
|
Sebaian
qiroah membolehkan berhenti
|
11
|
وقف
|
Baik
berhenti
|
12
|
س
|
Berhenti
sejenak tanpa harus bernafas
|
K.
Makharij al-Huruf
Menurut Syeikh al-Jazariy makharij al-huruf itu ada 17
(tuju belas) yang kemudian diringkas dalam 5 (lima) tempat:
1.
Al-Jauf (Bagian Rongga Molut)
2.
Al-Halqi (Bagian
Tenggorokan)
3.
Al-Lisan (Bagian Lidah)
4.
Al-Syafatain (Bagian Kedua Belah Bibir)
Yang apabila diperinci menjadi 17 bagian adalah
seperti berikut:
No
|
Huruf
|
Makharij
al-Huruf
|
1
|
و, ا, ي / يْ, وْ
|
Bagian tenggorokan (huruf mad dan huruf layyin)
|
2
|
ء ه
|
Tenggorokan bagian pangkal
|
3
|
ع ح
|
Tenggorokan bagian tegah
|
4
|
غ خ
|
Tenggorokan bagian atas
|
5
|
ق
|
Pangkal lidah dekat dengan anak lidah dengan langit-langitan
yang atas.
|
6
|
ك
|
Pangkal lidah dekat dengan anak lidah dengan
langit-langitan yang atas agak keluar dari makhrajnya kaf.
|
7
|
ج ش ي
|
Tepat dilidah bagian tengah bersamaan dengan
langit-langitan yang atas.
|
8
|
ض
|
Tepi lidah kiri / kanan bersamaan dengan graham
atas.
|
9
|
ل
|
Tepi lidah bagian depan bersamaan dengan gusi atas.
|
10
|
ن
|
Ujung lidah bagian depan agak keluar dari makhrajnya
lam bersamaan dengan gusi atas.
|
11
|
ر
|
Ujung lidah bagian depan agak keluar dari makhrajnya
nun bersamaan dengan gusi atas.
|
12
|
ط ت د
|
Ujung lidah bersamaan dengan kedua pangkal gigi seri
atas.
|
13
|
ص س ز
|
Ujung lidah bersamaan dengan rongga antara gigi atas
dan bawah, tapi lebih dekat dengan gigi atas.
|
14
|
ظ ذ ث
|
Ujung lidah bersamaan dengan dua ujung gigi seri atas.
|
15
|
ف
|
Bagian tengah bibir bawah bersamaan dengan dua buah
gigi seri atas.
|
16
|
و ب م
|
Berada pada kedua buah bibir (bibir atas dan bawah).
|
17
|
مّ نّ
|
Pangkal hidung (Ghunnah)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar